0

Judul Artikel: MODUL_SMP_INFORMATIKA KELAS VII

MODUL_SMP_INFORMATIKA KELAS VII







I.            PENDAHULUAN
A.      Deskripsi Materi Pembelajaran
Perangkat Informatika
B.      Prasyarat
Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang perangkat informatika
C.      Petunjuk penggunaan Modul
1.       Baca isi modul secara seksanma !
2.       Pahami isi Materi !
3.       Kerjakan LK/Tugas !
4.       Kumpulkan tugas sesuai tugas yang ditentukan !
D.      Kompetensi Dasar
3.1.     Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi
4.1.1. Mengamati saat sebuah piranti (misalnya HP, Tablet) dihidupkan sampai siap dipakai
E.       Tujuan Akhir
Peserta didik dapat mengindentifikasi berbagai perangkat informatika, mendeskripsikan sejarah perkembangan komputer dari masa lalu sampai sekarang, dan dapat menjelaskan peranan bagaimana perangkat keras dan sistem operasi berfungsi di dalam kehidupan sehari-hari.
F.       Rujuan Sumber Pembelajaran
Buku Paket Informatika Kelas VII

II.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.      Rencana Belajar Siswa
Peserta didik belajar dari rumah masing-masing  dengan menggunakan modul yang disediakan.
B.      Kegiatan Belajar
1.       Kegiatan Belajar 1
                                                           i.            Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.
Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:
      teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
      ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
      ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan pemrograman yang berbasis komputer.
      sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.
      keamanan informasi ilmu yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada yang ada pada sistem atau komputers.
      informatika sosial yang mengkaji aspek sosial dari TIK dalam perubahan sosial dan organisasional, penggunaan teknologi dalam konteks sosial, dan cara kelembagaan sosial teknologi informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktik-praktik sosial/kemasyarakatan.
                                                         ii.            Komputer berasal dari kata bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Sejarah komputer tidak lepas dari sejarah alat hitung. Perkembangan komputer dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Sekarang, komputer adalah satu perangkat elektronik yang dapat menerima data masukan, memproses data secara aritmatika dan logika, mengeluarkan hasil keluaran, dan menyimpan data.
                                                        iii.            Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940
Dahulu, manusia menggunakan  jari untuk mengenali dan menyebut nomor satu hingga sepuluh. Setelah itu, manusia mengenal nomor-nomor yang lebih besar, tetapi masih  menggunakan digit-digit asas dari 0 hingga 9. Sistem bilangan ini disebut bilangan perpuluhan atau desimal. Jari-jari digunakan untuk menambah dan mengurangi bilangan. Penjumlahan dan pengurangan bilangan membantu dalam perniagaan barter. Apabila perniagaan semakin berkembang, jari-jari tidak dapat menampung keperluan pengiraan yang bertambah rumit. Perkembangan selanjutnya adalah alat yang digunakan oleh ahli-ahli perniagaan dari negeri Cina, Turki, dan Yunani. Mereka menggunakan abakus (sempoa) untuk melakukan operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).
Blaise Pascal mencipta mesin hitung mekanika pertama pada tahun 1642. Mesin ini beroperasi dengan cara menggerakkan gir-gir pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam bidang matematika dan ilmu peluang. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh William Leibnitz.

Kegiatan Belajar 2 dan seterusnya, untuk lebih lengkapnya bisa di download disini








MODUL_SMP_INFORMATIKA KELAS VII semoga menjadi referensi yang benar-benar anda butuhkan dan termasuk kedalam kategori Admiistrasi Guru dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian di Google.

Post a Comment

 
Top